BLOG PNS DAN GURU INDONESIA

SELAMAT DATANG
Blog ini berisi tulisan info yang sangat bermanfaat bagi guru dan PNS Indonesia

$6.00 Welcome Survey After Free Registration!

Rabu, 21 Juli 2010

Gaji PNS tahun 2010 naik 5 %

Faktor ekonomi memang menjadi faktor yang utama di jaman sekarang, tidak terkecuali bagi PNS dan guru yang memang pegawai yang paling dituntut dalam peningkatan SDM negara ini. Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil dan pensiunan sebesar 5% tahun 2010. Kenaikan ini diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Hal itu dinyatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato penyampaian RUU APBN tahun 2010 di gedung DPR, Senin (3/8). “Ini untuk memperbaiki kinerja birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” ujar Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut presiden, kenaikan gaji pokok PNS dan pensiunan tersebut akan dilakukan bersamaan dengan pemberian insentif tahunan. Pemerintah juga akan menaikkan uang makan bagi prajurit TNI dan Polri.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, kenaikan upah ini memperbaiki pendapatan PNS periode 2004-2009. Pegawai negeri sipil golongan terendah yang semula menerima upah Rp 674 ribu per bulan pada tahun 2004, menjadi Rp 1,721 juta tahun 2009.

“Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang baik pada tahun 2010 mendatang, diharapkan program ini dapat mendukung penyelesaian proses reformasi birokrasi tahun 2011,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.